JOURNAL ON ISLAMIC AND RELIGIOUS STUDIES







RELIGION OF TRUTH- ISLAM

Kenapa Islam membolehkan poligami!!!!.

Written By Averroes Cordova on Selasa, 28 Februari 2012 | 22.46

Poligami berarti suatu sistem perkawinan dimana satu orang memiliki lebih dari satu pasangan. Poligami bisa dari dua jenis. Salah satunya adalah poligami di mana seorang pria menikahi lebih dari satu wanita, dan yang lainnya poliandri, dimana seorang wanita menikah lebih dari satu orang. Dalam Islam, poligami terbatas diizinkan, poliandri sedangkan sepenuhnya dilarang.
Sekarang  muncul pertanyaan kenapa islam membolehkan bagi pria beristri lebih dari satu dan Mengharamkan  poliandiri bagi wanita?

 *Alqur'an satu satu nya kitb suci dunia ini yang menyatakan istri cukup satu!!!*

Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci agama, di muka bumi ini, yang berisi menikah dengan frase 'hanya satu'. Tidak ada kitab suci agama lain , yang memerintahkan pria memiliki hanya satu istri. Tidak satu pun dari kitab suci agama lain, Baik  itu dalam Veda, Ramayana, yang Mahabharat, yang Geeta, Talmud atau Alkitab tidak menemukan satu pembatasan pada jumlah istri. Menurut salah satu tulisan suci ini bisa menikah sebanyak satu keinginan. Hanya kemudian, bahwa para imam Hindu dan Gereja Kristen membatasi jumlah istri menjadi satu.

Banyak tokoh-tokoh agama Hindu, mereka mempunyai istri banyak seperti. Raja Dashrat, ayah Rama, memiliki lebih dari satu istri. Krishna memiliki beberapa istri.

Di masa lalu, orang-orang Kristen diizinkan beristri banyak  seperti yang mereka inginkan, karena Alkitab tidak menempatkan batasan pada jumlah istri. Itu hanya beberapa abad yang lalu bahwa Gereja membatasi jumlah istri menjadi satu.

Poligami diperbolehkan dalam Yudaisme. Menurut hukum Talmud, Abraham memiliki tiga istri, dan Salomo memiliki ratusan istri. Praktek poligami terus sampai Rabbi Gershom ben Yehudah (95% CE ) hingga 1030 M) mengeluarkan dekrit menentangnya. Sephardic masyarakat Yahudi yang tinggal di negara-negara Muslim lanjutan praktek sampai selarut 1950, sampai UU dari Kepala kaum pendeta Yahudi Israel memperpanjang larangan menikah lebih dari satu istri.

*Hindu lebih Dominan pelaku poligamii dari Muslim *

Laporan tentang 'Komite Status Perempuan dalam Islam ", yang diterbitkan pada tahun 1975 menyebutkan pada nomor halaman 66 dan 67 bahwa persentase pernikahan poligami antara tahun 1951 dan 1961 adalah 5,06% pada orang Hindu dan hanya 4,31% di kalangan umat Islam . Menurut hukum India hanya pria Muslim diijinkan untuk memiliki lebih dari satu istri.  Ini adalah ilegal untuk non-Muslim di India untuk memiliki lebih dari satu istri. Meskipun itu menjadi ilegal, Hindu memiliki lebih banyak istri dibandingkan dengan Muslim. Sebelumnya, tidak ada pembatasan bahkan pada orang Hindu sehubungan dengan jumlah istri yang diperbolehkan. Barulah pada 1954, ketika Undang-Undang Perkawinan Hindu yang disahkan menjadi ilegal bagi seorang Hindu untuk memiliki lebih dari satu istri. Pada saat itu adalah Hukum India yang membatasi orang Hindu dari memiliki lebih dari satu istri dan bukan dari Kitab Suci Hindu.

Mari kita menganalisis mengapa Islam mengijinkan seorang pria untuk memiliki lebih dari satu istri.

*Al-Qur'an Membatasi dan membuat aturan yang jelas tentang izin poligami *

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Alquran adalah satu-satunya buku agama di muka bumi, mengatakan "menikah hanya satu '.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat An-Nisa’ ayat 3:”Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja…” Di sini dijelaskan bahwa salah satu syarat berpoligami itu adalah berlaku adil..  

dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.QS. An Nissa’ (4):3
Sebelum Ayat Al Qur'an ini diturunkan, tidak ada batas atas bagi banyak orang poligami dan memiliki beberapa istri,  bahkan ratusan. Islam menempatkan batas atas empat istri. Islam memberikan izin orang untuk menikah dua, tiga atau empat wanita, hanya dengan syarat bahwa ia berurusan secara adil dengan mereka.
Dalam bab yang sama ayat yaitu Surah Nisa 129 mengatakan:
"Kamu tidak pernah dapat adil di antara wanita ...."
Oleh karena itu poligami bukan Keharusan  tapi pengecualian. Banyak  kesalah pahaman bahwa poligami merupakan suatu kepastian tpadahal tidak poligami merupakan suatu yang boleh bukan suatu suatu yang wajib poligami hanya solusi buat uantuk mengatasi permasalahan rumah tangga

Secara umum, Islam memiliki lima kategori katagori hukum
      
  i. Fard" dgn kata lain wajib atau wajib

       ii. 'Mustahab' yakni dianjurkan atau didorong

      iii. 'Mubah' dgn kata lain diperbolehkan atau diizinkan

      iv. 'Makruh' dgn kata lain tidak dianjurkan atau berkecil hati

        v. 'haram' yaitu dilarang atau dilarang

Poligami jatuh dalam kategori tengah -tengah ataus suatu perkara yang diperbolehkan. Tidak dapat dikatakan bahwa seorang muslim yang memiliki dua, tiga atau empat istri adalah seorang Muslim yang lebih baik dibandingkan dengan seorang Muslim yang hanya memiliki satu istri.



Ada beberapa hal yang menjadi solusi seperti dibawah ini


*. Rata-rata rentang kehidupan perempuan lebih daripada laki-laki *

Dengan sifat laki-laki dan perempuan lahir di sekitar rasio yang sama. Seorang anak perempuan memiliki kekebalan lebih dari seorang anak laki-laki. Seorang anak perempuan dapat melawan kuman dan penyakit lebih baik daripada anak laki-laki. Untuk alasan ini, pada usia anak-anak itu sendiri, Kematian anak laki-laki lebih dominan ketimbang anak perempuan

Selama perang, ada lebih banyak orang laki laki terbunuh dibandingkan dengan perempuan. laki-laki lebih banyk meninggal  akibat kecelakaan dan penyakit Dibandingkan dengan wanita. Masa hidup rata-rata perempuan lebih lama  daripada laki-laki, dan  lebih banyak janda di dunia dari pada duda.

Seperti di India merupakan salah satu dari sedikit negara, bersama dengan negara-negara tetangga lainnya, di mana penduduk perempuan lebih banyak dari penduduk laki-laki. Alasannya terletak pada tingginya tingkat pembunuhan bayi perempuan di India, dan fakta bahwa lebih dari satu juta janin perempuan digugurkan setiap tahun di negara india, setelah mereka diidentifikasi sebagai perempuan. Jika ini praktek jahat ini dihentikan, maka India juga akan memiliki lebih banyak perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

*Dunia populasi perempuan lebih dominan  dari pada penduduk laki-laki *

Di Amerika Serikat, perempuan melebihi laki-laki sebesar 7,8 juta. New York saja memiliki satu juta lebih perempuan dibandingkan dengan jumlah laki-laki, dan penduduk laki-laki di New York satu-per ketiga yaitu gay. Amerika Serikat secara keseluruhan memiliki lebih dari dua puluh lima juta gay. Ini berarti bahwa orang-orang ini tidak ingin menikah dengan wanita. Britania Raya mempunyai empat juta lebih perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Jerman memiliki lima juta lebih perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Rusia memiliki perempuan lebih dari sembilan juta laki-laki. Hanya Tuhan yang tahu berapa juta wanita lebih yang ada di seluruh dunia dibandingkan dengan laki-laki.


  *Membatasi setiap orang hanya memiliki satu istri tidak praktis dan membuat masalah *

Bahkan jika setiap orang menikah dengan seorang wanita, masih akan ada lebih dari tiga puluh juta wanita di Amerika Serikat yang tidak akan bisa mendapatkan suami (mengingat bahwa Amerika telah dua puluh lima juta gay). Akan ada lebih dari empat juta perempuan di Great Britain, 5 juta wanita di Jerman dan sembilan juta wanita di Rusia sendiri yang tidak akan bisa menemukan suami.

Misalkan teman  saya kebetulan salah satu wanita yang belum menikah tinggal di AS, atau kira kakak Anda kebetulan menjadi salah satu wanita yang belum menikah di Amerika Serikat. Hanya dua pilihan yang tersisa baginya adalah bahwa ia baik menikah dengan pria yang sudah memiliki istri atau menjadi milik umum. Tidak ada pilihan lain. Semua orang-orang yang rendah hati akan memilih untuk pertama,

Dalam masyarakat Barat, Merupakan suatu yang biasa bagi seorang pria untuk memiliki gundik dan atau hubungan tanpa pernikahan  banyak, dalam hal ini, wanita itu menjalani hidup, memalukandan hidup dalam Masyarakat yang sama, bagaimanapun, tidak bisa menerima orang memiliki lebih dari satu istri, di mana wanita tetap terhormat, posisi terhormat dalam masyarakat dan menjalani hidup yang dilindungi.

Jadi hanya dua pilihan sebelum seorang wanita yang tidak dapat menemukan seorang suami adalah untuk menikah dengan pria yang sudah menikah atau menjadi milik umum. Islam lebih suka memberi perempuan posisi terhormat dengan mengijinkan pilihan pertama dan pelarangan yang kedua.

Ada beberapa alasan lain, kenapa Islam mengizinkan poligami terbatas, tetapi terutama untuk melindungi kesopanan perempuan. 
Dari uraan diatas islam memberi solusi yang kongrit untuk mengatasi permaslahan manusia dengan demikian islam adalh agama fitrah manusia dan tidak bertentangan dengan fitrah manusi itu sendiri!!!


*Jika seorang pria diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu istri, lalu mengapa Islam melarang seorang wanita dari memiliki lebih dari satu suami?

Banyak orang, termasuk beberapa Muslim, Melontar pertanyaan secara logika muslim memungkinkan perempuan untuk memiliki lebih dari satu pasangan atau membolehkan poliandri, dan secara logika islam tidak adil karena hanya membolehkan poligami dan mengharamkan poliandri bagi wanita!!
 Bahwa dasar masyarakat Islam adalah keadilan dan kesetaraan. Allah telah menciptakan laki-laki dan perempuan  sama, tetapi dengan kemampuan yang berbeda dan tanggung jawab yang berbeda. Pria dan wanita berbeda, fisiologis dan psikologis. peran dan tanggung jawab mereka berbeda. Pria dan wanita adalah sama dalam Islam, tetapi tidak identik. Surat anisa ayat 22-24. menjelaskan beberapa wanita yang tidak boleh dinikahkan seperti wanita yang bersuami, istri ayah dlll
 
Hal-hal berikut ini menyebutkan alasan mengapa poliandri dilarang dalam Islam:

1. Jika seorang pria memiliki lebih dari satu istri, orang tua dari anak-anak yang lahir dari perkawinan seperti itu dengan mudah dapat diidentifikasi. Sang ayah serta ibu dengan mudah dapat diidentifikasi. Dalam kasus seorang wanita menikah lebih dari satu suami, hanya ibu dari anak-anak yang lahir dari perkawinan tersebut akan diidentifikasi dan bukan ayahnya. Islam memberikan kepentingan besar untuk identifikasi kedua orang tua, ibu dan ayah. Para psikolog mengatakan bahwa anak-anak yang tidak mengenal orangtua mereka, terutama ayah mereka mengalami trauma dan gangguan mental yang berat. Seringkali mereka memiliki anak tapi tidak bahagia. Ini adalah alasanbahwa anak-anak dari pelacur tidak memiliki masa kecil yang sehat. Jika anak yang lahir di luar nikah tersebut diterima di sekolah, dan ketika sang ibu menanyakan nama ayah, dia akan memberikan dua atau lebih nama! Saya sadar bahwa kemajuan terbaru dalam ilmu pengetahuan telah memungkinkan bagi sang ibu dan ayah untuk diidentifikasi dengan bantuan pengujian genetik. Jadi titik yang berlaku untuk masa lalu mungkin tidak berlaku untuk saat ini.


2. Berdasarkan tabii, lelaki lebih cenderung berpoligami berbanding wanita berpoliandri

3. Biologis, lebih mudah bagi seorang pria untuk melakukan tugasnya sebagai suami meskipun memiliki beberapa istri. Seorang wanita, dalam posisi yang sama, memiliki beberapa suami, tidak akan menemukan mungkin untuk melakukan tugasnya sebagai seorang istri. Seorang wanita mengalami perubahan psikologis dan beberapa perilaku karena fase yang berbeda dari siklus haid.


4. Seorang wanita yang memiliki lebih dari satu suami akan memiliki beberapa mitra seksual pada saat yang sama dan memiliki kesempatan yang tinggi memperoleh penyakit kelamin atau penyakit menular seksual yang juga dapat ditularkan kembali kepada suaminya bahkan jika mereka semua tidak memiliki seks di luar nikah. Ini bukan kasus seorang pria memiliki lebih dari satu istri, dan tidak satupun dari mereka berhubungan seks di luar nikah.


Alasan di atas adalah yang satu dapat dengan mudah mengidentifikasi. Mungkin ada lebih banyak alasan mengapa Allah, dalam-Nya Infinite Wisdom, telah dilarang poliandri. semoga bermampaat.


Ada enam perkara, apabila dimiliki oleh seseorang maka telah sempurnalah keimanannya : (1) memerangi musuh Allah dengan pedang, (2) tetap menyempurnakan puasa walaupun di musim panas, (3) tetap menyempurnakan wudhu walaupun di musim dingin, (4) tetap bergegas menuju mesjid (untuk melaksanakan shalat berjama’ah) walaupun di saat mendung, (5) meninggalkan perdebatan dan berbantah-bantahan walaupun ia tahu bahwa ia berada di pihak yang benar dan (6) bersabar saat ditimpa musibah.”

Tidak ada komentar: